POLISMA GELAR WISUDA KE 20

 Politeknik Unisma Malang atau Polisma menggelar wisuda periode ke-20, Sabtu (26/11/2022).

Wisuda ini dihadiri kurang lebih 27 mahasiswa yang terdiri dari sebanyak 7 orang dari D3 Mesin dan 20 orang dari D3 Listrik. Wisuda tersebut digelar luring di Ijen Suites Resort & Conventions Malang dan ditayangkan live melalui Youtube. 

Protokol kesehatan yang diterapkan sudah tidak ketat seperti sebelumnya. Akan tetapi, protokol untuk menggunakan masker masih tetap berlaku. 

Ana Nuril Achadiyah, ST, MT selaku Direktur Politeknik UNISMA Malang mengatakan, kali ini ada satu wisudawan terbaik pada masing-masing jurusannya. Hal ini dikarenakan mahasiswa terbaik tersebut mendapatkan nilai seimbang yang sangat baik. 

“Masing-masing jurusan ada, sebenarnya harusnya satu saja. Akan tetapi dengan nilai yang seimbang otomatis kita harus fair,” kata Ana. 

Mahasiswa terbaik tersebut dari D3 Listrik atas nama Agus Rudi Faisal dengan IPK 3,75 dan D3 Mesin atas nama Muhammad Rofiqi Nahdho,dengan IPK 3,75 juga.

Kedua wisudawan terbaik Polisma itu akan mendapatkan penghargaan dan beasiswa tabungan untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya maupun untuk hal bermanfaat lainnya seperti membuka usaha atau bahkan umrah. 

Ana menjelaskan ada beberapa perbedaan momen wisuda kali ini dengan sebelumnya. Yakni keterserapan mahasiswa saat ini di mana mahasiswa Polisma sebelum lulus dan masih magang namun sudah diterima oleh beberapa industri yang menjadi mitra Polisma.

Industri tersebut di antaranya PT Metro Mesin Mendunia di mana tiga dari 10 mahasiswa magang, direkrut untuk menjadi pegawai industri tersebut. Menariknya, ketiga mahasiswa tersebut direkrut dengan tanpa syarat dan ketiganya termasuk yang akan diwisuda saat ini 

Beberapa lulusan yang bekerja sebagai wirausaha sebanyak 38 persen, melanjutkan studi sebanyak 1 persen dan 61 persen bekerja murni. Industri tempat bekerja meliputi PT Kalbe berlokasi di Surabaya, tambang batubara di Kalimantan, sampai proyek jalan tol.

Oleh karena terdapat salah satu wisudawan yang tidak bisa menghadiri wisuda secara luring dikarenakan terikat kontrak kerja, maka mereka bisa menyaksikan wisuda secara virtual.  

Perbedaan lainnya adalah ada 50 persen mahasiwa Polisma yang langsung bekerja tiga bulan setelah melakukan yudisium. Tahun ini mengalami peningkatan di mana hampir 78 persen sudah mendapatkan pekerjaan.

“Total 78 persen yang bekerja itu sesuai dengan bidang keilmuannya. Alhamdulillah pencapaian tahun ini setelah covid ini saya rasa pencapaian tertinggi di Poltek Polisma dengan keterserapan lulusan mahasiswa yang saya bilang sangat luar biasa,” kata Ana. 

Ana berpesan kepada wisudawan tahun ini dan yang akan datang untuk tetap menghasilkan lulusan yang sudah ditunggu-tunggu oleh rekanan di berbagai industri. Maka tetap lakukan yang terbaik, tidak melupakan akhlak seorang muslim yang baik, dan menjadi insan yang Rahmatan Lil Alamin

“Jangan juga menjadi orang yang money oriented. Kita semua butuh duit, tapi tidak semuanya harus diselesaikan dengan uang. Apabila kita bekerja dengan ikhlas InsyaAllah uang akan datang,” pesan Ana Nuril Achadiyah, ST, MT selaku Direktur Politeknik Unisma Malang

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these