About Us

POLITEKNIK UNISMA MALANG (POLISMA) merupakan pendidikan vokasi yang berdiri sejak 28 Januari 2002.

POLITEKNIK UNISMA MALANG (POLISMA) merupakan pendidikan vokasi yang berdiri sejak 28 Januari 2002. Kurikulum Politeknik Unisma Malang diarahkan pada Program Pendidikan Praktis Berbasis Kompetensi didirikan atas kerjasama antara : Yayasan Universitas Islam Malang dengan PT. PLN (Persero) – UDIKLAT Pandaan. PUM merupakan jenjang pendidikan keahlian ( Program D-III dan D-IV). Program ini bertujuan untuk mencetak tenaga terampil dan siap kerja. PUM memiliki program studi, yaitu: Teknik Listrik, Teknik Mesin. Dari kedua program studi ini masing-masing telah terakreditasi oleh BAN-PT tahun 2012.

Direktur Politeknik

01

Wujud Lambang

Bentuk lambang Polisma adalah garis lengkung yang membentuk lima sudut. Isi lambang: (a) bumi, (b) masjid, (c) bintang sembilan, dan (d) kitab suci Al-Qur’an.
Warna dasar lambang adalah hijau, sedangkan warna yang lainnya adalah kuning keemasan, coklat, dan putih.

Makna Lambang

Bentuk lambang segi lima dengan tiga garis lapisan: Segi lima melambangkan Rukun Islam dan sila-sila Pancasila yang merupakan ciri ke-Indonesiaan. Tiga garis lapisan melambangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang tecermin dalam Tridarma Perguruan Tinggi.
Bumi dan bintang sembilan melambangkan ciri kelembagaan pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ (LP Ma’arif NU).
Masjid dengan tiga kap melambangkan kejayaan umat Islam melalui pengembangan Islam dan perwujudan kesempurnaan akidah, syari’ah, dan akhlak.
Kitab terbuka dengan empat kelompok lembaran melambangkan upaya keberhasilan PUM dalam bidang ke-Islaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, budaya dan seni yang dilandasi kejujuran keikhlasan, kejujuran, kerukunan, dan profesionalisme.

Lambang Politeknik Unisma Malang (PUM) diciptakan dan diresmikan pada tahun 2002.

02

Menghasilkan dan mengembangkan sumberdaya manusia profesional yang unggul, inovatif dengan dilandasi Aqidah Islam Ahlussunnah Wal-Jama’ah an-Nahdliyah.
Sebagai institusi pendidikan vokasi yang berperan aktif dalam meningkatkan keahlian dan ketrampilan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi terapan.
Menghasilkan tenaga terampil berkualitas, berjiwa wirausaha, mandiri, berbudaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat nasional.
Meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terapan yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

03

Menjadi Politeknik yang unggul, inovatif dan kreatif dalam pengembangan dan penerapan IPTEK tingkat nasional dan mampu bersaing di pasar global dengan dilandasi Aqidah Islam Ahlussunnah Wal-Jama’ah an-Nahdliyah.