Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) tahun 2024 Upaya Peningkatan Produktivitas UKM Kerupuk Singkong di Desa Srigonco Kabupaten Malang

Novta Dany’el I., Shafiq Nurdin, (Dosen Politeknik Unisma Malang) Riski Nur I. D. (Dosen  Universtas PGRI Kanjuruhan Malang)

Kerjasama Pengabdian kepada masyarakat kembali dilakukan oleh Politeknik Unisma Malang (POLISMA) dan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) kerjasama antar dosen berkolaborasi dengan mahasiswa yang didanai DIKTI dari Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2024 kepada mitra UKM milik Pak Tukiran yang memproduksi Kerupuk Singkong dengan merk “Pak Ran”. UKM yang berlokasi di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur mempekerjakan 5 orang karyawan. Setiap hari memproduksi kurang lebih 100 kg Kerupuk Singkong mentah dengan wilayah pemasaran tepung tersebut adalah Malang Raya yang didistribusikan ke pasar, toko dan warung. Omset perbulan usaha ini berkisar 8-9 Juta rupiah.

Dalam kegiatan abdimas ini POLISMA sebagai perguruan tinggi vokasi memiliki pengetahuan bidang ilmu keteknikan dan teknologi tergerak untuk membantu mengembangkan usaha Kerupuk SIngkong melalui Teknologi Tepat Guna (TTG) dan UNIKAMA membantu mengembangkan usaha melalui manajemen produksi, dan pembuatan HKI. Melalui bapak Novta Dany’el Irawan, ST., MT sebagai ketua (Prodi D4-Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan) dan Shafiq Nurdin, ST., MT (Prodi D3-Teknik Mesin) dan Ibu Riski Nur Istiqomah Dinnullah, M.Si (Prodi S1-Matematika, UNIKAMA) memberikan pengembangan usaha melalui TTG Mesin adonan singkong. Mesin ini digunakan untuk mencampur pati singkong dengan bahan utama adonan singkong yang sudah dikukus agar tercampur sempurna. Hasil selanjutnya dikeringkan selama 2 minggu, untuk selanjutnya dipotong tipis-tipis dan dijemur dan dikemas.

Mahasiswa POLISMA terlibat kegiatan abdimas melalui beberapa kegiatan, diantaranya: desain mesin adonan, mendampingi kegiatan lapangan pada operasional kerja, perawatan dan perbaikan mesin adonan pada mitra. Pelatihan operasional website juga diberikan diberikan kepada mitra dan karyawannya terkait tata cara pengisian, pengunggahan dan pengeditan materi konten, gambar, video tutorial, berita dan informasi terkait usaha mitra. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kegiatan MBKM terutama dalam program PKM yang dilaksanakan mahasiswa di luar kampus. Mahasiswa bisa mendapatkan kemampuan personal komunikasi, kreativitas ide dalam upaya membantu peningkatan produksi masyarakat dengan dosen dan mitra UKM Kerupuk Singkong “Pak Ran”.

About the Author

You may also like these