Indahnya Berbagi

Berita Event

Marhaban Ya Ramadhan,Di bulan ramadhan ini seyogianya kita semua meningkatkan ketakwaan dan iman kita kepada Allah SWT, dengan melaksanakan ibadah wajib kita yakni mendekatkan diri kepada yang Khaliq dan ibadah sunnah bentuk kecitaan kita kepada baginda nabi Muhammad SAW.

Di moment bulan Ramadhan 1441 H / 2020 ini tentunya kita punya tanggungjawab yang tidak kalah pentingnya yaitu menjaga keharmonisan dan akhlak kita kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, orang yang dalam perjalanan dan hamba sahaya, karena hal tersebut merupakan betuk hubungan kita dengan sesama manusia (Hablum minannas).

Seperti hal yang diperintah Allah SWT kepada umat manusia yang ada dalam Al-Quran: QS. An-Nisa ayat 36, yang artinya : “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”.

Dengan ayat Al-Quran inilah kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada sesama, karena dengan melakukan kebaikan itu adalah ibadah seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW, Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda: “Kullu Ma’rufin Shadaqah (HR. Bukhari)” yang artinya: “Setiap kebaikan adalah sedekah” (HR. Bukhari).  

Hadits tersebut mengajarkan kita bahwa setiap kebaikan yang dilakukan manusia dengan niat baik tergolong sedekah yang insyaAllah diganjar pahala oleh Allah. Dan hadist tersebut menunjukan pula bahwa sedekah tidak terbatas pada apa yang dikeluarkan seseorang berupa harta saja,  maka setiap yang mampu berbuat baik terhitung sebagai orang yang bersedekah, baik kaya maupun faqir. 

Di dalam bulan ramadhan ini tentunya kita memiliki kesempatan yang sangat banyak untuk meningkatkan ibadah kita yaitu  dengan cara dan kemampuan yang kita miliki yakni berbagi dengan sesama dengan hal baik, bermanfaat, dan penuh dengan ikhlas. 

Arti berbagi yang diambil wikipedia adalah memberi atau menerima sesuatu dari barang, cerita, kisah, uang, makanan, dan segala hal yang penting bagi hidup kita, berbagi juga bisa kepada Tuhan. sesama, alam, dan setiap hal di bumi ini.

Berbagi dapat dimaknai dengan sedekah jika berbagi yang lakukan dengan dasar kebaikan, memberikan manfaat, dan dilakukan dengan penuh ikhlas. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk berbagi sesuai yang kita miliki, misalnya dengan menghubungi  orang tua kita yang kebetulan jauh dari kita yaitu dengan cara telpon atau video call karena masa sekarang ini smartphone merupakan barang yang sulit dilupakan kapan dan dimana kita berada.

Dengan smartphone kita bisa komunikasi dan menyapa orang tua tercinta kita, dan bahkan smartphone sudah memberikan kemudahan kepada kita untuk saling berkomunikasi dengan bertatap muka secara lansung seakan-akan orang tua atau anak kita berada di dekat kita meskipun jarak kita sangat jauh yaitu dengan dengan fasilitas video call,  maka dengan sapaan kita kepada orang tua, akan membuat orang tua kita teramat sangat bahagia yang bahkan tidak dapat ditukar dengan apapun untuk menggantikan kebahagiaan tersebut.

Maka hubungi dan sapa orang tua kita selama orang tua kita masih ada di dunia ini, dan do’akan selalalu orang tua kita jika orang tua kita sudah meninggal dunia, karena do’a kita insyaAllah akan diterima oleh Allah SWT betuk pengabdian kita sebagai anak yang shaleh dan shalehah kepada orang tua kita.

Berbagi juga dapat kita lakukan dengan berbagi ilmu kepada saudara, tetangga,  teman sejawat, anak yatim dan semua orang secara umum, salah satunya membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan keilmuan yang kita miliki seperti halnya membuat tutorial-tutorial yang direkam oleh kita dan dibagikan ke media sosial baik berupa teks, gambar, animasi maupun video, atau juga membuat karya-karya ide kreatif yang bermanfaat bagi orang banyak, seperti halnya yang dilakukan oleh Politeknik Unisma Malang (POLISMA) di masa Pandemi Covid-19 ini.

Polisma melakukan aksi sosial untuk masyarakat dengan membuat Bilik Steril (BiRiL) Polisma yang disumbangkan ke Rumah Sakit dan Masjid di wilayah Malang, tentunya hal tersebut memberikan kebahagiaan bagi banyak orang dan harapannya dengan aksi sosial Polisma bisa membantu mencegah penyebaran covid-19, dan KEBAHAGIAAN itu adalah INDAH untuk di lihat dan dirasakan.

Banyak sekali karya-karya kreatif yang diciptakan para dosen dan mahasiswa polisma dimana polisma sendiri memiliki tiga program studi yaitu Program Studi D4 (Sarjana Terapan) bidang Informatika dan Komputer atau program D3 Teknik Listrik dan Mesin. Dan jika masyarakat ingin bergabung di lembaga ini untuk dapat menimba ilmu dapat melalui website pmb.polisma.ac.id atau jika ingin berhubungan langsung dengan Tim Penerimaan Mahasiswa Baru dapat menghubungi No WA 08-2332-18-2332 .  

Pada dasarnya banyak sekali yang dapat kita lakukan untuk niat ikhlas berbagi, berbuat baik antar sesama, semoga perbautan baik kita dinilai ibadah oleh Allah SWT, dan dilimpahkan pahala bagi kita semua Aamiin.

***

*)Oleh : Moh.Sulhan, S.T., M.Kom / Wakil Direktur 1 POLISMA (Politeknik Unisma Malang) / Ketua Asosiasi Digital Marketing Indonesia DPD Jatim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *