LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN ANGKATAN MAHASISWA 2021

Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) adalah latihan dasar yang difasilitasi oleh Politeknik Unisma Malang (POLISMA) untuk membekali mental dan karakter mahasiswa menjadi seorang pemimpin yang berintegritas. LDKM merupakan salah satu kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh mahasiswa di POLISMA. Kegiatan ini diselenggarakan guna mewujudkan visi dan misi POLISMA serta mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi alumni yang memiliki jiwa technopreneur aswaja dikemudian hari serta siap menjadi pemimpin.

Saat ini dengan penurunan kasus pandemic Covid-19 maka LDKM dilaksanakan secara offline atau bertatap muka dan di laksanakan di Politeknik Angkatan Darat (POLTEKAD). LDKM tahun ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 10-12 Maret 2022. LDKM tahun ini mengusung tema “Lead Yourself To Be A Great Leader” dengan maksud mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin yang hebat di organisasi, kampus, maupun di masyarakat. Pelaksanaan LDKM ini dibuka langsung pagi ini, 10 Maret 2022 oleh Dirbinum Kolonel Anggoro dari POLTEKAD.

Terdapat 34 peserta mahasiswa POLISMA yang terdiri dari program studi D3 Teknik Listrik, D3 Teknik Mesin dan D4 Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ). Pembagian kelompok dilakukan secara acak dengan tujuan agar seluruh anggota dapat saling mengenal dan kompak. Saat acara berlangsung, para peserta menerima berbagai materi terkait kepemimpinan menurut POLISMA yang telah disinkronkan dengan kedisiplinan pendidikan di POLTEKAD. Pada hari pertama, peserta menerima materi Wawasan Kebangsaan, Character Building, serta Pencegahan Radikalisme. Pada hari kedua, peserta menerima materi Cinta Tanah Air, Kepemimpinan dan Bahaya Narkoba. Pada hari yang terakhir, para peserta menerima materi Team Building dimana sesi ini berisi games yang melatih kekompakan dari masing-masing kelompok.

Menurut Ana Nuril Achadiyah, ST., MT., selaku Direktur Politeknik Unisma Malang (POLISMA) , tujuan utama diselenggarakan acara ini, yaitu agar mahasiswa dapat memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu, kemudian mampu menjadi seorang pemimpin yang berintegritas, disiplin, bertanggung jawab, dan mau melayani. Tujuan tersebut dapat dilihat selama acara berlangsung nanti, mulai dari ketegasan, disiplin waktu yang dilakukan oleh panitia dan peserta, tanggung jawab dalam mengikuti rangkaian acara, dan lain sebagainya.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these